Mengapa Harus Menggunakan Ragi Pada Roti?

Pekanbaru, Rotte Factory –  Roti adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Salah satu hal yang membuat roti empuk adalah karena roti tersebut mengembang ketika dipanggang. Bahan yang membuat roti mengembang adalah ragi. Ragi merupakan mikroorganisme yang digunakan untuk membuat roti menjadi empuk dan mengembang saat dipanggang.

Mengapa roti agar mengembang harus menggunakan ragi? Hal ini disebabkan oleh ragi yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) saat menguraikan gula dan menghasilkan alkohol. Gas karbon dioksida yang dihasilkan dari ragi inilah yang membuat roti menjadi mengembang saat dipanggang. Tanpa adanya ragi, ukuran roti tidak akan membesar dan hasilnya akan menjadi padat dan keras jika di konsumsi.

Baca Juga :   Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Kuning Telur

Ragi sendiri terdiri dari dua jenis, yakni ragi aktif dan ragi tidak aktif. Ragi aktif merupakan ragi segar yang masih hidup dan aktif dalam proses penguraian gula. Sedangkan ragi tidak aktif merupakan ragi kering yang sudah mati dan tidak dapat menghasilkan gas karbon dioksida. Oleh karenanya, penting untuk menggunakan ragi aktif dalam pembuatan roti agar roti dapat mengembang dengan sempurna seperti yang diharapkan.

Join Gabung Reseller Rotte Factory

Tidak hanya itu, ragi juga memiliki andil penting dalam proses fermentasi adonan roti. Fermentasi merupakan tahapan di mana ragi menguraikan gula dalam adonan roti dan menghasilkan gas karbon dioksida, alkohol, dan senyawa lainnya. Gas karbon dioksida inilah yang membuat adonan roti menjadi mengembang dan lembut ketika sudah dipanggang. Selain itu, alkohol yang dihasilkan juga memberikan aroma khas pada roti yang dimasak.

Baca Juga :   Gula Vanilla : Apa, Asal , Kegunaan, Efek Samping

Bukan hanya itu, ragi pada roti ini juga menghasilkan senyawa-senyawa yang memberikan rasa dan tekstur yang lezat pada roti. Senyawa-senyawa ini berkaitan dengan proses fermentasi yang dilakukan oleh ragi dalam adonan roti. Oleh karena itu, tanpa adanya ragi, roti tidak akan memiliki rasa dan tekstur yang lezat seperti yang kita kenal.

Baca Juga :   7 Tips Menjaga Kualitas Roti dalam Pengiriman untuk Kepuasan Pelanggan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ragi memberikan peran yang sangat penting dalam pembuatan roti agar dapat mengembang dengan baik. Ragi tidak hanya membuat roti mengembang, tetapi juga memberikan aroma, rasa, dan tekstur yang lezat pada roti. Oleh karena itu, itulah pentingnya untuk penggunakan ragi dalam produksi roti agar hasilnya menjadi maksimal.

Foto oleh Katerina Holmes – Pexels

Join Gabung Reseller Rotte Factory